Hujan dan angin ribut

Gemericik air semakin keras.Udara begitu dingin.Angin bertiup kencang.Malam semakin bertambah gelap.Tak ada suara apapun selain rintik hujan,petir dan suara air mengalir diparit-parit.Sederet gunung-gunuh barisan tak nampak lagi.Tertutup pekatnya malam dan air hujan.Lampu-lampu hotel mewah pun tak nampak.Sedari ba’da Ashar hujan turun begitu deras. Itu artinya hampir empat jam hujan turun.Tak ada tanda-tanda berhenti.Hanya sesekali terlihat reda.Kemudian turun deras lagi.

Akhir-akhir ini cuaca sering menjadi-jadi.Para ahli menyebutnya cuaca ekstrim.Keadaan cuaca yang sangat buruk.Hujan sering turun bersama angin yang kencang.Sudah banyak kejadian pohon tumbang saat hujan.Beberapa waktu yang lalu juga terdengar berita itu.Sebuah pohon tumbang menimpa beberapa kendaraan.Tempatnya berada di Jogja.Saya tak tau pasti tepatnya dimana.Namun sepertinya berita itu bukanlah isapan jempol belaka.

Bencana lainya adalah banjir.Yang paling santer tentunya di Ibu Kota.Jakarta adalag langganan banjir.Tak ada musim hujan yang dilewati tanpa banjir.Jakarta tempat orang-orang cerdas.Orang-orang yang memiliki pendidikan tinggi.Seantero nusantara pasti tau.Namun mengurus air yang turun sepertinya tidak mampu.Bahkan Presiden yang terhormat pun sempat diungsikan.Masalah utamanya banjir.

Selain banjir di Ibukota yang gemerlap itu bencana juga terjadi dilereng-lereng pegunungan.Apalagi kalau bukan tanah longsor.Yang ini faktornya banyak.Selain orangnya tak sepintar orang ibukota,ya namanya lereng pasti mudah longsor.Sudah hukum alam.Orang pintar bilang ada gaya grafitasi.

Hujan memang anugrah.Namun jika berlebihan juga menjadi bencana.Yang pastinya akan menyusahlan.Dalam benak kita sedikit berfikir,”alangkah indahnya jika mentari bersinar terik”.Namun beda lagi jika kepanasan.Kita minta Tuhan menghalangi sinar matahari.Untung saja Tuhan bukan pemarah.Tuhan maha pemurah.Kalau Tuhan pemarah sikap rewel pasti dijewer.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s