Alur helix

image

Gambar diatas adalah gambar shift drum. Salah satu komponen transmisi pemindah gigi pada sepeda motor. Saya tidak akan menuliskan bagaimana cara kerjanya. Saya kurang tau. Yang paling menarik perhatian saya adalah alur-alurnya. Melingkar dan berkelok-kelok. Saya kurang tau apa nama alur tersebut. Saya belum pernah mendapat pelajaran seperti itu. Saya lebih sering menyebutnya alur helix. Hanya saya samakan dengan nama roda gigi miring yang sering disebut roda gigi helix. Dan karena alur itu miring dan melingkar maka saya memberinya nama alur helix.

Saat ini saya sedang membuatnya. Namun tak serumit gambar diatas. Satu putaran dua arah. Itupun saya sudah kesulitan membuatnya. Harus menyontek rumus pembuatan roda gigi helix. Saya belum menyederhanakanya. Sangat rumit. Dan masih tanya kesana kemari. Saya sudah mencari cara-cara di internet. Namun tak ada hasilnya. Tak ada pembahasan sama sekali. Dan saya belum pernah mendapatkan pelajaran seperti itu. Pada akhirnya harus belajar memecahkan sendiri. Adakah yang bisa mengajari saya. Cara membuat alur helix dengan mesin milling(frais) konvensional?

One thought on “Alur helix

Tinggalkan Balasan

