Ujian efektif

Esok hari para siswa tingkat SMA dan SMK akan menghadapi ujian nasional. Ujian yang rutin diadakan tiap tahun. Konon ujian ini diadakan untuk sebagai tanda keberhasilan maupun kegagalan setelah menempuh perjuangan selama tiga tahun.

Saya tak begitu tahu tekhnis ujian nasional saat ini. Maklum saya tidak bergerak dalam bidang ini. Yang saya tahu adalah saya juga pernah menghadapi situasi seperti ini. Saya juga pernah ujian SMK.

Selama ini ujian nasional menggunakan soal option. Menurut saya terlalu mudah. Ada beberapa option untuk satu jawaban. Dulu saya pernah diajari untuk menjawabnya. Bahkan jika kita sama sekali tidak mengerti soal itu. Triknya saya sudah lupa.

Namun kesimpulan saya, ujian dengan pilihan ganda tidak menunjukkan kualitas pendidikan kita. Terlalu banyak trik-trik ataupun cara-cara curang untuk menyelesaikanya. Jadi sebaiknya jika pendidikan akan menaikan kualitas pendidikan kita gunakanlah pilihan essay. Akan terasa sulit. Namun, cukup sedikit trik-trik curang untuk mengakalinya. Namun, ujian memang harus sesulit mungkin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s