Ujian efektif

Esok hari para siswa tingkat SMA dan SMK akan menghadapi ujian nasional. Ujian yang rutin diadakan tiap tahun. Konon ujian ini diadakan untuk sebagai tanda keberhasilan maupun kegagalan setelah menempuh perjuangan selama tiga tahun.

Saya tak begitu tahu tekhnis ujian nasional saat ini. Maklum saya tidak bergerak dalam bidang ini. Yang saya tahu adalah saya juga pernah menghadapi situasi seperti ini. Saya juga pernah ujian SMK.

Selama ini ujian nasional menggunakan soal option. Menurut saya terlalu mudah. Ada beberapa option untuk satu jawaban. Dulu saya pernah diajari untuk menjawabnya. Bahkan jika kita sama sekali tidak mengerti soal itu. Triknya saya sudah lupa.

Namun kesimpulan saya, ujian dengan pilihan ganda tidak menunjukkan kualitas pendidikan kita. Terlalu banyak trik-trik ataupun cara-cara curang untuk menyelesaikanya. Jadi sebaiknya jika pendidikan akan menaikan kualitas pendidikan kita gunakanlah pilihan essay. Akan terasa sulit. Namun, cukup sedikit trik-trik curang untuk mengakalinya. Namun, ujian memang harus sesulit mungkin.

Tinggalkan Balasan

