Menjaga keamanan akun di internet

Jika kita telah terjun di dunia internet maka kita akan mulai terbiasa deng yang namanya akun. Bisa akun e-mail, media sosial, blog dsb. Akun-akun ini sangatlah penting. Inilah tempat tinggal kita. Tempat kita menyimpan berbagai barang-barang penting. Inilah rumah kita di dunia maya. Akan sangat berbahaya jika ada orang yang memasukinya tanpa seijin kita.
image

Salah satu yang paling penting untuk rumah kita adalah kunci. Dan didalam akun dunia maya kunci tersebut adalah password. Ya..password sangatlah penting. Hanya dengan kunci (password) kita bisa memasuki dan mengamankan akun kita. Dan tentunya kunci ini banyak sekali macamnya. Ada yang murahan yang mahal dsb. Tergantung bagaimana kita membuatnya. Untuk membuat password yang kuat berbagai ahli mengatakan kita perlu mengkombinasikan huruf,angka ataupun tanda-tanda baca. Ini untuk menghindari pengacakan password kita oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Namun ada kalanya jika kekuatan password itu tidak berfungsi. Nah inilah yang paling menghawatirkan. Sebuah website/penyedia layanan biasanya menyediakan layanan lupa password(forgot password). Ini tentunya menjadi peluang untuk orang orang jail. Dengan mengeklik lupa password kita akan disuguhi berbagai menu-menu untuk mengembalikan akun kita. Salah satunya pertanyaan keamanan. Bisa disebut sebagai password kedua. Jika pertanyaan ini mampu ditembus maka.. habislah anda. Orang jail tersebut bisa saja mengutak atik akun kita.

Maka dari itu kita harus menjaga akun kita dengan sangat baik. Buatlah password yang kuat. Password yang mudah kita ingat dan tak mudah ditebak orang. Selain itu gunakan menu “pertanyaan keamanan” sebaik mungkin. Anggaplah itu password kedua kita. Dan yang tak kalah penting janganlah kita membagikan atau memberitahukan informasi-informasi tersebut kepada siapapun tanpa alasan yang jelas.

Iklan

5 thoughts on “Menjaga keamanan akun di internet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s