Bagaimana cara membubut?

Membubut merupakan suatu kegiatan membuat sebuah produk yang memiliki bentuk utama silindris dengan menggunakan mesin bubut. Kegiatan ini biasa dilakukan dalam produksi segala macam sparepart permesinan atau untuk pembuatan beberapa bagian mebel. Pelaku dari kegiatan ini biasa disebut tukang bubut.

Cara membubut tidaklah mungkin dibahas satu kali. Sebab, jenis-jenis pekerjaan ini sangatlah beragam. Dan setiap jenis pekerjaan bubut mempunyai cara yang berbeda-beda. Tukang bubut harus melalui pelatihan-pelatihan khusus sebelum melakukan pekerjaan ini. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Kecelakaan kerja misalnya.

Secara umum membubut dilakulan dengan cara menyayatkan pahat terhadap benda kerja yang telah di cekam di chuck (alat pencekam di mesin bubut). Arah penyayatanyapun disesuaikan dengan kebutuhan. Ada tiga sumbu arah yang tersedia.

image

Eretan adalah bagian mesin yang berfungsi untuk menentukan sumbu arah. Eretan kanan kiri (sumbu y) berfungsi untuk arah ke kanan dan kekiri bisa juga disebut memanjang. Eretan melintang (sumbu x) difungsikan untuk pergerakan melintang. Dan yang terakhir adalah eretan atas, ini adalah perpaduan antara eretan lintang dan kanan kiri. Eretan atas bisa diputar 90′. Hal ini digunakan dalam pengerjaan tirus.

Nah kesimpulanya cara membubut yaitu menyayatkan pahat terhadap benda kerja dengan cara mengarahkan pahat menggunakan eretan sesuai gerakan yang diperlukan. Pada umumnya memang itulah cara dasar membubut. Kedepan saya akan mencoba untuk membahasnya secara detil. Jadi, tunggu saja tanggal mainya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s