Persiapan membubut

Pekerjaan membubut bukanlah pekerjaan yang dilakukan begitu saja. Pekerjaan ini membutuhkan berbagai persiapan. Tujuannya agar hasil bubutan sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, persiapkan yang matang akan mencegah kecelakaan yang mungkin terjadi. Persiapan-persiapan tersebut bisa kita uraikan sebagai berikut:

A. Memahami pekerjaan
kita harus benar-benar tau tentang apa yang akan kita buat. Bisa dilakukan dengan cara lebih teliti dalam membaca gambar. Atau jika gambar belum tersedia maka kita harus membuat desain terlebih dahulu. Persiapan awal ini sangat penting untuk dilakukan, karena akan sangat berpengaruh dengan persiapan-persiapan selanjutnya.

B. Pemilihan material.
Setelah kita mengetahui pekerjaan yang akan kita lakukan adalah memilih bahan/material yang akan digunakan. Material dipilih berdasarkan ukuran, jenis, dan kwantitas.

C. Menyiapkan alat-alat yang digunakan.
Setelah kita memahami pekerjaan maka kita akan tau alat apa yang akan kita gunakan. Penyiapan alat berupa alat-alat potong (pahat,mata bor dsb),alat ukur, dan alat bantu jika diperlukan.

D. Alat keamanan kerja.
Inilah yang tak kalah penting. Alat keamanan kerja. Keamanan kerja menjadi bagian yang tidak boleh ditinggalkan.

Itulah beberapa persiapan yang harus kita lakukan sebelum kita melakukan pembubutan. Persiapan yang baik akan menghasilkan produk yang baik juga.

Iklan

One thought on “Persiapan membubut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s