Pedoman K3 pada proses pembubutan

pedoman keamanan pembubutan

Saat melakukan pekerjaan bubut kita akan berhadapan dengan sisa-sisa pembubutan. Tentu saja sisa pembubutan tersebut bisa sangat berbahaya untuk keselamatan kita. Untuk itu saat melakukan pembubutan kita di wajibkan untuk memakai alat pelindung diri. Alat pelindung diri tetsebut diharapkan tidak hanya melindungi saat melakukan pekerjaan saja, namun juga membawa pengaruh positif bagi kesehatan kita. Apa sajakah yang harus kita lakukan atau kita pakai saat melakukan pembubutan. Berikut akan saya jelaskan:

Baca juga: persiapan membubut

1. Pakailah kacamata, memakai kacamata sangatkah penting. Hal ini dilakukan agar tak ada chip-chip yang dapat menyebar kemana-mana dan mengenai mata kita.
2. Pakailah masker, memakai masker akan melindungi dari asap. Asap tersebut berasal dari penguapan pendingin yang kita gunakan saat pembubutan.
3. Jangan gunakan pakaian kerja yang terlalu longgar. Pakaian yang terlalu longgar akan sangat berbahaya, karena pakaian kerja yang terlalu longgar akan mudah tersangkut. Karena mesin bubut adalah mesin yang identik dengan putaran.
4. Gunakan tutup kepala. Tutup kepala juga tak kalah penting. Tutup kepala akan melindungi rambut dan kulit kepala kita.
5. Gunakan sepatu safety. Sepatu safety tentu berbeda dengan sepatu biasanya. Sepatu safety dilengkapi dengan pelindung khusus yang akan mengamankan kaki kita.
6. Patuhi SOP. Mungkin setiap persahaan memiliki ketentuan-ketentuan yang berbeda. Standar operasional yang berdeda. Maka dari itu patuhilah peraturan tersebut. Hal ini sangat penting karena sehebat apapun anda jika tak mematuhi peraturan perusahaan, keselamatan anda juga terancam. Misal pemecatan dsb.

Bekerja memang menjadi kewajiban kita. Namun kita tak boleh jika harus melupakan keamanan kerja. Selalu utamakanlah keselamatan dan kesehatan anda. Safety first!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s