Menghilangkan penyakit dengki

Saat khutbah jum’at tadi topiknya sangat mengena. Dengki. Penyakit yang banyak menjangkit. Tidak suka melihat orang lain senang,sukses,menyaingi kita. Dan sangat senang ketika orang lain.

Setelah mendengarkan khutbah dengan seksama, saya menjadi merasa. Mungkin sayapun terjangkit penyakit ini. Sedikit atau banyak sama saja. Virus tetaplah virus. Semakin lama semakin berkembang.

Saya sadar. Sangat sadar sekali. Bibit-bibit itu telah muncul. Selain tumbuh secara alami, lingkungan juga sangat mendukung. Virus dengki akan semakin kuat. Jika saya tak segera melakukan tindakan.

Khotib khutbah tadi juga memberikan resep. Mulai dari mengakui kehebatan orang lain hingga sadar akan takdir. Tentang rezeki. Tentang apa yang pasti kita punya dan tidak kita punya (capai). Saya menjadi punya kesimpulan. Jika saya mempunyai sifat “trimo ing pandum (menerima apa adanya)” akan jauh dari dengki.

Tinggalkan Balasan

