Sistem transaksi dan keamananya dari zaman ke zaman

Sejak berabad-abad yang lalu manusia telah mengenal transaksi. Pada awalnya transaksi dilakukan dengan cara tukar-menukar barang. Sekarang di kenal dengan nama barter. Bisa kita bayangan sistem perdagangan waktu itu. Kita perlu mencari orang yang membutuhkan barang yang kita miliki dan yang memiliki barang yang kita butuhkan. Belum lagi menyangkut keamanan dan kenyamanan.

barter
Seiring perkembangan kebutuhan manusia, sistem barter menjadi sangat merepotkan dan tidak efektif. Sistem barter mulai ditinggalkan. Manusia berusahan mencari nilai tukar yang pasti. Mulai dari benda yang di anggap antik atau disukai banyak orang hingga logam dan emas. Namun begitu barang-barang tersebut nilainya tidak pasti. Sistem ini pun mulai ditinggalkan.

Pada pekembangan berikutnya manusia menemukan uang. Dan mulai pada saat itu uang menjadi alat tukar resmi. Dan sampai saat ini uang masih kita gunakan. Uang membuat transaksi lebih efektif dan efisien. Sebab uang memiliki bentuk yang ringkas,mudah dibawa kemana-mana dan memiliki nilai yang tertentu. Uang memiliki sifat-sifat yang menutupi kekurangan sistem sebelumnya.

Penggunaan uang tersebut bukanlah hal yang tak mempunyai kelemahan. Sama seperti penggunaan alat tukar lain. Uang juga memiliki masalah keamanan. Hal ini membuktikan jika perkembangan alat tukar belum mampu diikuti oleh sistem keamanan yang baik. Penggunaan maupun penyimpanan uang masih sangat rawan kejahatan. Dari penipuan,pencurian maupun perampokan.

Walaupun masih memiliki masalah keamanan, hingga saat ini menjadi alat tukar utama. Kini manusia melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan sistem keamanan transaksi maupun penyimpanan uang. Untuk penyimpanan mungkin sudah teratasi dengan kehadiran bank. Kehadiran bank juga menjadi suatu kelahiran sistem transaksi baru. Bank tidak hanya menjadi tempat penyimpanan saja. Namun bank juga mengembangkan sistem atau media baru untuk betransaksi. Kini bank memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan transaksi jual beli.

Bank telah mengembangkan berbagai cara baru untuk bertransaksi. Mulai dari transfer rekening,tarik tunai,hingga saat ini dikembangkan berbagai fasilitas transaksi berbasis internet. Dan saat ini transaksi berbasis internet (transaksi online) menjadi jalur baru dalam perkembangan transaksi di dunia.
Perkembangan dunia internet yang semakin pesat menjadi faktor utama yang mendukung berkembangnya transaksi online. Ditambah lagi perkembangan media intenet seperti smartphone,tablet dan komputer jinjing menjadikan transaksi online menjadi pilihan utama sebagian umat manusia. Transaksi online menawarkan berbagai kemudahan dalam bertransaksi. Manusia tidak perlu berpindah-pindah tempat untuk melakukan transaksi. Bahkan hanya dengan layar smartphone transaksi apapun bisa dilakukan. Mulai dari aktifitas belanja, pembayaran berbagai tagihan, kirim-mengirim uang bisa dilakukan dengan begitu mudahnya.

Dan dalam beberapa tahun terakhir bank tidaklah menjadi pemain tunggal dalam transaksi online. Kini muncul berbagai pihak yang menawarkan layanan dalam bertransaksi. Pihak ketiga diluar bank ini menawarkan berbagai layanan yang letransaksi online

bih memudahkan dalam bertransaksi. Layananya bisa berupa perantara dalam jual beli, pembayaran tagihan dan sebagainya.

Salah satu contoh layanan pihak ketiga adalah paybill. Mereka menawarkan layanan berbagai pembayaran secara online. Bahkan hanya melalui smartphone. Paybill menawarkan layanan pembayaran tagihan listrik,cicilan kredit motor,tagihan PDAM dan masih banyak lagi yang lainya. Cara pembayaranya pun bisa dilakukan secara online. Aplikasi paybill di play store pun mendapat rating yang sangat bagus. Untuk keterangan kenapa paybill menjadi pilihan yang baik bisa disaksikan di vidio berikut ini:

Kemunculan pihak ketiga dalam bertransaksi ini sebenarnya membuka peluang kejahatan baru. Penipuan menjadi hal paling rawan. Berbagai kasus ditemukan, modusnya mengaku sebagi pihak ketiga dalam bertransaksi. Untuk itu perlu sangat berhati-hati dalam memilih pihak ketiga dalam bertransaksi. Sebaiknya sebelum menentukan, kita perlu mencari informasi tentang pihak perantara ini.

Transaksi secara online sepertinya akan terus berkembang. Sistem ini benar-benar akan menjadi sistem pembayaran masa depan. Semoga kedepanya transaksi dengan metode ini akan lebih baik,lebih aman dan lebih nyaman.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s