350

Menulis/mengarang, pada prinsipnya hanya menggabungkan beberapa kata menjadi kalimat, kemudian menjadi paragraf, selanjutnya dari beberapa paragraf tersebut menjadi karangan utuh.  Sesederhana itukah membuat karangan/tulisan? Mungkin akan menjadi sederhana untuk sebagian orang yang memang berkemampuan. Namun jika pertanyaan untuk saya, jawabanya lain lagi. Tak sesederhana itu jika tulisan yang diinginkan adalah tulisan yang enak dibaca. Bahasanya begitu cair, mudah dipahami, membuat betah bagi siapapun yang membacanya.

image

Menulis memerlukan pemahaman bahasa yang baik dan ketepatan pemilihan kosa kata yang pas. Selain itu ada juga yang lebih penting, yaitu bagaimana cara mengekspresikan daya khayal kedalam tulisan. Imajinasi/daya khayal sangat berperan penting dalam menulis. Namun imajinasi saja tidak cukup. Perlu kemampuan untuk mengolahnya, kemudian menuangkanya kedalam bentuk tulisan.

Saya selalu penasaran bagaimana seorang penulis mampu mengerjakan ratusan lembar tulisan yang kesemuanya begitu baik. Memiliki pilihan bahasa yang pas. Mampu menuangkan imajinasinya dengan sangat luar biasa. Membentuknya dalam ribuan kosa kata yang mampu menghipnotis pembacanya. Dan itu bukanlah hal yang remeh. Sekedar membayangkan apa yang mereka lakukan saja, kepala saya sudah berputar-putar.

Menulis artikel-artikel di blog tentu tak seberat menulis novel. Sedikit gado-gado bukanlah masalah besar. Banyak blog-blog jempolan yang artikelnya gado-gado, ngalor-ngidul, kadang bahas ini kadang bahas itu. Namun tetap saja disukai. Bukan berarti tanpa syarat. Tulisan yang pendek sekalipun memerlukan suatu bentuk tertentu. Mudah dipahami dan enak dibaca.

Mungkin 350 kata saja cukup untuk satu artikel blog. Bagi saya yang amatiran ini, 350 kata itu sudah sangat panjang. Perlu memutar-mutar kepala. Dan hasilnya masih seperti ini. Maklumlah, masih pembelajaran.

Iklan

One thought on “350

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s