Penipuan modus beasiswa

Kasus penipuan sepertinya memang telah mewabah. Berbagai modus digunakan oleh pelaku. Dari yang ecek-ecek hingga yang paling canggih. Seperti yang pernah saya ceritakan di disini.

Kali ini saya mendapat cerita dari seorang rekan. Modusnya adalah beasiswa untuk siswa berprestasi. Ceritanya rekan saya ini memiliki anak yang berprestasi di sekolahanya (SLTP). Dia mendapatan rangking tiga besar di kelasnya. Kemudian dia mendapatkan beasiswa melalui sekolahanya. Kemudian dia diminta untuk menyerahkan data-data yang diperlukan termasuk nomor telefon.

Singkat cerita ditelfonlah rekan saya ini oleh pelaku (bukan dari sekolah). Penelfon memberitahukan jika beasiswa akan ditranfer melalui atm. Setelah rekan saya memberi rekening banknya, dia diminta untuk pergi ke atm terdekat. Sayangnya rekan saya tak memberitahukan kejadian secara rinci. Namun pada akhirnya rekan saya ini diminta untuk mentranfer sejumlah uang. Kalau tidak salah lebih dari 4 juta rupiah. Untungnya rekan saya ini sudah mengosongkan uang di atm tersebut.

Kasus yang sedikit membingungkan. Yang mengherankan bagaimana si penipu ini mendapatkan data-data rekan saya ini. Dari nama,prestasi, hingga nomor telefon rekan saya. Apakah ada kong kalikong dengan pihak sekolah atau dia mencuri data dari sekolahan tersebut?

Kasus ini tentu menjadi pelajaran yang berarti untuk kita. Penipu berkeliaran dimana-mana. Berbagai modus-modus yang begitu rapi. Harus semakin berhati-hati. Meminta kejelasan yang sejelas-jelasnya jika memperoleh bantuan,beasiswa, undian atau hadiah-hadiah tertentu. Biasanya penipu ini akan meminta kiriman pulsa atau meminta transfer atau hal-hal lain yang merugikan kita.

Tinggalkan Balasan

