Akhirnya, kita berpuasa bersama

Setelah sekian lama mulai berpuasa berbeda-beda, akhirnya besok bisa puasa bareng-bareng. Baik warga NU atau Muhammadiyah secara serentak mulai berpuasa secara bersama-sama. Setelah Muhammadiyah menyatakan awal puasa sejak berhari-hari yang lalu, sore ini sidang isbat memutuskan besok mulai berpuasa (baca beritanya). Ini menjadi yang pertama kalinya sejak bertahun-tahun yang telah berlalu. Kita seluruh warga muslim di Indonesia akan berpuasa bersama-sama lagi. Dan semoga berhari raya di hari yang sama pula.

bedug ramadhan
sumber gambar:johan budi

Kabar yang begitu menggembirakan untuk saya khususnya dan mungkin untuk seluruh umat muslim di Indonesia. Sungguh terasa gayengnya. Terasa kuat persatuanya. Terasa kokoh persaudaraanya. Sangat berbeda saat mulai berpuasa dengan model wayangan. Kluarnya satu persatu. Gak ada gregetnya. Kelihatan rapuh dan semacamnya. Walaupun perbedaan itu disebabkan oleh sesuatu yang sulit diperdebatkan. Namun rasa-rasanya kurang gimana kalau nggak bareng-bareng. Kurang ramai dan terlihat bercerai berai.

Untuk tahun ini benar-benar menjadi momentum untuk kita semua. Khususnya wong cilik. Kita-kita yang berbeda aliran/golongan/ormas dapat merasakan indahnya kebersamaan. Dapat melaksanakan ibadah puasa tanpa merasa was-was antara benar dan tidak. Harapan kedepan tentu harus begini terus. Persatuanya terjaga dengan baik. Dan masalah perselisihan itu semoga bisa di rembok oleh yang berkuasa.

Untuk yang akan melaksanakan ibadah puasa, selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga benar-benar kuat sampai akhir. Semoga bener-bener mampu berpuasa penuh tanpa bolong seperti beduk diatas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s