Ramadhan,Euro dan Copa Amerika

ramadhan

Ramadhan yang menjadi pesta terbesar untuk umat muslim diseluruh jagad raya. Ditakdirkan berlangsung disetiap tahun selama sebulan penuh. Menjaga hawa nafsu, tidak makan dan tidak minum selama sebulan penuh. Menaati segala peraturan syariat Islam. Tidak ada hubunganya dengan sepak bola. Hanya saja kali ini nyaris berbarengan dengan dua pergelatan sepak bola di Eropa yang bertajuk piala eropa (euro) dan pergelatan sepak bola seantero benua Amerika Copa America.

uefa euro france

Waktu yang nyaris berbarengan ini menjadi begitu unik. Seluruh dunia sibuk dengan kegiatan masing-masing. Ramadhan yang notabene diusung seluruh jagad tentu memiliki kegiatan tersendiri. Kegiatan-kegiatan klasik musti dilakukan sesuai adat yang berlaku. Begitu juga dengan euro dan copa amerika. Dua perhelatan ini bukan tidak mungkin menjalar keberbagai belahan dunia. Toh kita di Indonesia yang mayoritas berpuasa menjalankan syariat agama, ikut kecipratan aroma euro dan copa america.

copa america

Mengikuti tiga kegiatan secara bersamaan bukanlah hal yang mudah. Berpuasa dan nonton pertandingan bola. Berpuasa tentu menjadi paling penting (red: bagi yang menjalankan). Sedangkan menonton bola sudah menjadi hiburan. Walau hiburan tetap saja melelahkan jika diikuti semua. Bisa-bisa stamina hancur lebur. Kegiatan dimulai dari pagi hingga pagi lagi. Kita hitung saja mulai habis berbuka setelah puasa seharian. Kemudian isoma dilanjut tarwih, kemudian jam pertama euro dilanjut jam kedua dan ketiga euro. Itu sudah nyampe saur. Habis saur masih ada copa amerika sampe siang. Trus harus kerja juga. Dijamin jadwal akan lebih penuh dari jadwal artis sekalipun.

Maka dari itu harus pinter-pinter atur waktu. Gak semua harus diikuti. Utamakan dulu yang wajib. Yang menyangkut hidup mati. Puasa dan nyari duit. Selanjutnya pilih-pilih laga yang dikira seru. Setidaknya cukup nonton tim idola. Laga yang lain baca berita saja.

***nasehat untuk saya pribadi lho, kalau mau ngikut ya monggo saja***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s