Sungkeman

Adat desa saat Idhul Fitri yang tidak mungkin ditinggalkan adalah sungkeman. Di desa saya masih begitu meriah. Mereka yang masih merasa muda mendatangi yang berumur lebih tua. Di daerah saya disebut khalal-khalalan kalau bahasa nasionalnya khalal bi khalal. Mulut jawa memang begitu. Kalau susah mengucapkan sesuatu maka terciptalah kosa kata baru. Kosa kata tersebut sering menjadi kata baku. Setidaknya dalam penggunaan lisan dalam masyarakat. Aneh memang. Tapi kalau sudah mengakar ya begitulah. Salah pun tak bisa disalahkan.

Nah, didaerah saya ini sepertinya sungkeman masih menjadi kebiasaan yang luar biasa. Dari tahun ketahun masih sama. Mata rantai sungkeman ini terus berlangsung. Anak-anak muda berkelompok, bersama-sama mengunjungi tiap rumah di kampung. Salah seorang memimpin. Rasa kebersamaan masih begitu erat. Organisai kepemudaan didusun saya termasuk yang paling kompak.Untuk pemuda-pemudi yang sudag berkeluarga biasanya mendatangi bersama-sama keluarga kecilnya.

Dan sungkeman tak hanya terjadi tanggal 1 dan 2 syawal. Tetapi hingga berhari-hari. Bisa juga hingga hari ke empat atau kelima. Dan dijamin membayar total rasa lapar saat puasa ramadhan. Karena tiap rumah menawari makan,minum dan cemilan. Itu pasti terjadi di tiap rumah. Jadi untuk yang sedang diet musti pintar-pintar mengambil makan. Jika terlalu banyak bisa saja perut meledak tak kuat menahan kenyang.

Acara seperti ini mungkin memang tak ada di anda. Memeriahkan idhul fitri dengan begitu meriah. Begitu banyak manfaatnya. Menjaga silaturahmi,persatuan dan persaudaraan. Semuanya baik. Dan jika kebudayaan jawa dihapuskan misalnya, sungkeman harus di pertahankan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s