Nama saya…..

Ini adalah pengalaman lucu dan memalukan.

Dulu ketika saya kecil, didesa saya tak ada yang namanya TK maupun PAUD. Jadi sudah jelaslah saya tak pernah melewati tahap itu. Dan ketika pertama kali saya bersekolah, langsunglah saya memasuki SD. Waktu itu saya berumur kurang dari enam tahun. Dikelas sayalah yang paling kecil, paling pendek dan paling muda. Kawan saya yang saya kenal hanya satu, sepupu saya. Dan tiap hari saya ditunggui nenek saya.

Menulis, waktu itu saya tak mampu menulis maupun menggambar. Saya begitu bodoh, mungkin yang paling bodoh. Gurunya adalah seorang wanita yang sudah berambut putih. Begitu luar biasa guru itu. Menempuh jarak yang begitu jauh setiap hari. Naik dan turun gunung dengan berjalan kaki. Orangnya begitu sabar dalam mengajar. Tak pernah ia marah sekalipun. Namun saat pertama kali masuk sekolah, tetap belum mampu menulis. Bahkan membuat angka nol pun tak mampu. Dulu saya meminta bantuan teman untuk membuat angka nol.

Karena saya bodoh maka saya pun tak tahu arti rangking. Begitu mendapat rangking dua digit saya pun senang. Ah…betapa malunya kalau diingat. Setelah itu ibu saya dengan sabar mengajari saya menulis dan membaca. Mulailah rajin belajar. Dan tak menyangka sama sekali, masuk sebagai anak paling bodoh dan lulus dengan nilai terbaik.

Namun pengalaman menggelikan itu bukan dari situ. Bukan masalah rangking ataupun menulis angka nol. Waktu kecil orang-orang memanggil saya dengan nama “kelik”. Entah siapa yang menamai seperti itu. Gambaran nama kelik cukuplah menggambarkan saya. Kecil dan cilik, mungkin seperti itulah maksudnya. Dan hingga masuk SD pun setahu saya, nama saya adalah kelik. Dan ketika bulek saya mendaftarkan saya barulah tahu nama saya. Ah….begitu malu kalau mengingat seperti itu. Sekarang, anak saya yang belum genap tiga tahun saja sudah menhafal namanya dengan panjang, nama saya cukup pendek dan tak mampu saya kenal. Hihi…

Iklan

2 thoughts on “Nama saya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s