Membangun jalan, membangun kehidupan

​Jalan merupakan sarana yang paling sering kita gunakan. Jalan kita gunakan sebagai sarana penunjang keberhasilan berbagai kegiatan yang kita lakukan. Oleh sebab itu, keadaan jalan selalu menjadi hal utama yang sering kita perhatikan. Karena adanya jalan yang baik akan menyebabkan pembangunan-pembangunan sektor lain dengan baik pula. Jalan memang begitu berpengaruh dan benar-benar menjadi syarat utama dari kemajuan pembangunan.

Saya akan mengambil satu contoh bagaimana jalan itu mempengaruhi kehidupan. Sekitar dua puluh tahun yang lalu desa saya merupakan desa yang tertinggal. Sebab utamanya adalah keadaan jalan. Waktu itu jalan di desa masih berupa tanah yang dilebarkan. Disana-sini kadang ada batu besar yang menghalang. Jalan itu juga tidak lebar. Mobil tak akan mampu memasuki desa saya. Jikapun ada mobil yang masuk merupakan peristiwa yang istimewa dan pastinya langka.

Sebab jalan yang buruk tersebut, pembangunan desa pun melambat. Dikala desa-desa lain telah maju, desa saya masih tertinggal. Rumah-rumah masih terbuat dari kayu atau bambu. Begitu pula dengan sekolahan, surau atau masjid. Kebanyakan masih terbuat dari kayu atau bambu. Jikalau ada bangunan yang terbuat dari beton, bisa dipastikan, pembangunan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Waktu itu untuk pergi ke pasar harus berjalan kaki sejauh delapan kilometer. Saat itu angkutan umum belumlah tersedia. Untuk membawa barang dagangan orang-orang harus menggendongnya. Begitu pula saat kembali dari pasar, harus menggendong belanjanya. Hal itu menyebabkan roda ekonomi berjalan begitu lamban. Dan tak mengherankan jika kemiskinan ada dimana-mana.

Saat ini keadaan telah berubah. Jalan aspal telah dibangun. Kehidupan mulai berubah sedikit demi sedikit. Kini rumah-rumah kayu maupun bambu telah banyak berganti menjadi rumah batu-bata. Masyarakat desa saya ini tak lagi kepasar dengan berjalan kaki. Dan sebab utama dari kemajuan desa ini adalah pembangunan jalan tersebut. Roda ekonomi menjadi semakin lancar. Dan kehidupan warga semakin lama semakin membaik.

​Satu contoh kecil yang sangat mudah dipahami. Jalan merupakan insfrastruktur yang paling penting. Dengan adanya jalan yang memadai, kehidupan pun akan lebih baik. Kita boleh melirik kemanapun. Dimana sebuah daerah yang tidak memiliki jalan yang memadai, maka bisa dibilang daerah itu menjadi tertinggal dari daerah-daerah yang memiliki jalan yang lebih baik. Begitu pula sebaliknya. Jalan merupakan kebutuhan pokok bersama. Dan jalanlah yang menghubungkan kita dengan manusia-manusia yang lainya. Serta dengan jalan itu pula, kita berhubungan dan berbagi. Sehingga dapat disimpulkan, membangun jalan berarti membangun kehidupan.

Iklan

4 thoughts on “Membangun jalan, membangun kehidupan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s