Menghitung kesalahan (daily prompt: mistake)

Selama saya hidup, entah sudah berapa kali saya melakukan kesalahan. Kesalahan itu telah menjadi semacam pakaian. Setiap hari kita pakai dan kita rasakan. Seperti itu pula kesalahan, setiap hari dilakukan, dan parahnya kadang tidak dirasakan.

Kesalahan itu bermacam-macam jenisnya. Namun kesalahan-kesalahan itu bisa kita pecah-pecah menjadi beberapa jenis. (Note: menurut saya).

1. Kesalahan terhadap diri sendiri ,
Kesalahan yang paling awal dan kadang tidak kita sadari. Sebagai seorang manusia, menghargai diri sendiri itu juga wajib. Namun, saat-saat tertentu, justru kita sering tak memperhatikan diri kita sendiri. Berulang kali pula menyakiti diri kita sendiri. Entah itu kita langsung rasakan maupun tidak. Dalam hal ini, kadang perlu juga meminta maaf untuk diri kita.

2. Kesalahan terhadap orang lain,
Kesalahan terhadap orang lain mungkin akan sulit juga untuk dihitung. Dan kesalahan seperti ini wajar adanya. Sebab, sebuah hal yang tak mungkin kita tak melakukan kesalahan saat berinteraksi dengan orang lain. Namun saat-saat tertentu pula kesalahan ini tak dapat ditolelir. Kesalahan terhadap orang lain juga mampu menimbulkan hukuman. Meminta maaf merupakan perbuatan paling tepat untuk menghapuskanya.

3. Kesalahan terhadap Tuhan,
Kesalahan yang seharusnya paling ditakuti. Kesalahan ini kadang yang paling tidak kita rasakan. Malas beribadah menjadi salah satu contoh. Dan masih banyak lagi kesalahan-kesalan lain kepada Tuhan. Dan hanya dengan bertaubat dan beristigfar saja kesalahan ini dapat dihapus.

Jika dihitung, kesalahan kita itu sudah menggunung. Dan jika dibukukan, tebalnya sudah minta ampun. Marilah luangkan waktu sejenak untuk mengingat kesalahan itu.

Source: daily prompt 1

Iklan

2 thoughts on “Menghitung kesalahan (daily prompt: mistake)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s