Merica Perdu

Merica itu saya ibaratkan seperti emas. Kecil-kecil, berbobot dan mahal. Merica sering pula disebut raja rempah-rempah. Dari dahulu kala, rempah-rempah telah dicari banyak orang. Mereka bangsa Eropa rela mengangkat senjata demi mendapatkan rempah ini. Dan merica merupakan rempah-rempah terbaik.

merica perdu

Didaerah saya, merica itu juga ada. Hanya saja belum ada yang membudidayakan secara besar-besaran. Biasanya orang-orang hanya menanam beberapa pohon saja. Dibiarkan merambat ke pohon. Dan orang-orang pun tak begitu tahu bagaimana merawat merica yang baik. Disini cengkih lebih popuper dari pada merica.

merica perdu

Baru-baru ini saya mendapat tawaran untuk menanam merica ini. Jenis merica yang berbeda dengan yang ada disini. Mericanya bukan merica yang merambat. Namanya merica perdu. Pohonya tidak memerlukan lanjaran sebagai rambatan. Namun hidup sendiri-sendiri dan bercabang-cabang.

merica perdu

Merica perdu ini sering saya lihat di internet. Namun baru kali ini saya melihat langsung. Dan saya pun begitu tertarik untuk membudidayakanya. Cara memanenya sangat menarik. Tidak perlu memanjat seperti memanen merica rambat maupun cengkih. Hanya cukup dengan duduk saja kita sudah mampu memanenya. Dan saya anggap tanaman inilah yang paling pas menggantikan tanaman rempah lainya, cengkih. Setelah kampanye larangan merokok membesar, kemungkinan besar kebutuhan cengkih akan berkurang. Dan mungkin juga harga cengkih akan murah meriah. Sebelum hal itu terjadi ada baiknya juga merica dikembangkan. Tanaman merica dibutuhkan banyak orang. Dan pastinya untuk bumbu memasak, bukan bumbu rokok.

Tinggalkan Balasan

