Wajah baru timnas Indonesia

image

Sudah lama sekali tak menyaksikan Timnas Indonesia bertanding. Timnas itu sebenarnya lebih banyak mengecewakan dari pada menyenangkan. Namun bagaimanapun timnas itu tetap dihati. Dirindukan penampilanya, walau kadang setelah usai pertandingan kecewa tak terkira. Dan malam tadi, timnas tampil perdana setelah bebas hukuman. Pertandinganya cukup menarik, melawan timnas Malaysia. Hasilnya pun baik, menang tiga gol tanpa balas.

Sudah sekian lama pula kabar sepak bola nasional tak saya ikuti. Pertandingan-pertandingan yang disiarkan di televisi pun tak pernah saya tonton. Hanya kadang kala ada sedikit kabar lewat. Kabar itu hanya menjadi angin, berlalu saja tanpa bekas. Dari beberapa tahun yang lalu pun rasa-rasanya malas mengikuti perkembangan sepak bola nasional ini. Adanya cuma kabar-kabar buruk. Tak ada satupun prestasi yang menjanjikan. Masalahnya pun sepertinya masih sama. Keorganisasian ditubuh sepak bola itu sendiri. Sampai sekarang pun entah masalah itu masih ada atau tidak.

Penampilan Timnas semalam memang cukup bagus. Banyak pemain-pemain baru dan masih muda. Hanya beberapa nama tenar saja yang saya tau. Kredit tersendiri patut disematkan untuk kapten timnas, Boaz Saloza. Sejak menjadi bintang di Piala Tiger 2004, Boaz tampil tak meyakinkan di timnas. Namun semalam Boaz tampil begitu buas dan meyakinkan. Begitu pula untuk pemain-pemain lain. Irfan Bachdim pun tampil lebih bagus dari sebelum-sebelumnya. Kawan saya bilang,” ilmunya Irfan sudah nambah banyak”. Dan untuk Evan Dimas, dialah pengganti yang lebih baik untuk Firman Utina.

Dari pertandingan semalam, dapat disimpulkan jika timnas Indonesia memiliki wajah dan harapan baru. Pemain-pemain muda yang semakin brilian. Hanya saja semua itu butuh keorganisasian yang lebih baik pula. Pengelola sepak bola negeri ini haruslah orang-orang yang cinta sepak bola Indonesia. Jikalau harapan pemain telah ada, namun organisasi masih jeblok, hasilnya akan sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Timnas hanya akan menjadi bulan-bulanan tim lawan. Tak akan pernah ada prestasi apapun yang bakal diraih.

Iklan

2 thoughts on “Wajah baru timnas Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s