Tahun Baru Hijriah 1438

image

Tahun baru Islam, tahun baru hijriah, dinamakan bulam Muhharam. Kalau dijawa dinamakan bulan syuro.  Tahun Hijriah berbeda dengan Tahun Masehi. Jikalau tahun Masehi menggunakan peredaran matahari sebagai patokan, tahun Hijriah menggunakan peredaran bulan sebagai patokan bergantinya tanggal. Masalah jam bergantinya tanggal pun menggunakan cara yang berbeda. Jika Masehi biasa berganti tanggal saat jam 00.00 maka Hijriah tidak begitu. Tanggal Hijriah berganti saat bulan mulai terbit. Dan terbitnya bulan ini tak tertentu. Jamnya bisa saja berubah-ubah. Perayaan tahun baru Hijriah tidaklah seperti perayaan tahun baru Masehi. Tak ada kembang-kembang api yang menyala-nyala diudara. Juga tak ada petasan, apalagi bunyi terompet yang memekakan telinga. Tahun baru Hijriah lebih banyak dirayakan dengan ketenangan. Dirayakan dengan memperbanyak ibadah-ibadah sunah, doa-doa, maupun permohonan ampunan. 

Bergantinya tahun merupakan suatu momentum. Menilai sejauh mana tahun yang telah berlalu. Membandingkan dengan tahun-tahun yang lebih lama lagi. Dari nilai-nilai tersebutlah kita akan tahu. Hidup kita meningkat atau menurun. Apakah kita semakin taat atau semakin ingkar. Dan nilai-nilai itu akan menjadi pedoman kita ditahun yang akan kita lalu ini.

SELAMAT MERAYAKAN TAHUN BARU HIJRIAH 1438, SEMOGA DI TAHUN YANG AKAN DATANG KEHIDUPAN KITA AKAN MENJADI LEBIH BAIK, MENJADI LEBIH TAAT, MENJADI LEBIH BERNILAI

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s