#batikIndonesia simbol Indonesia untuk Dunia

batik indonesia

Batik merupakan gambar, lukisan, ukiran diatas kain. Gambar-gambar itu kadang berupa gambar tumbuh-tumbuhan, hewan, maupun simbol-simbol tertentu. Batik menggunakan warna-warna yang khas. Pada awalnya batik dibuat secara manual dengan tangan. Batik jenis ini disebut sebagai batik tulis. Ada pula yang telah dibuat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, yaitu deng cetak dan cap.

batik indonesia

Batik sendiri merupakan karya asli bangsa ini. Konon, semenjak zaman kerajaan Majapahit, batik telah muncul. Awalnya batik digunakan hanya dikalangan kerajaan. Batik digunakan sebagai pakaian kebesaran para raja diwaktu itu. Namun seiring berjalannya waktu, batik meluas hingga ke masyarakat umum. Dan hingga saat ini, batik merupakan pakaian untuk berbagai kalangan.

batik indonesia

Batik yang telah banyak dikenal itu merupakan sebuah warisan yang begitu besar. Dan sekali lagi perlulah kita berterima kasih terhadap nenek moyang kita. Dimana waktu itu teknologi belumlah seperti saat ini, namun sebuah karya yang patut dimanfaatkan sepanjang masa berhasil diciptakan nenek moyang kita. Tak semua nenek moyang bangsa lain sedemikian hebat. Maka beruntunglah kita yang hidup negeri ini. Sebelum memeras tenaga dan pikiran pun kita telah diberi modal yang begitu besar. Dan modal besar itulah batik. Sebuah karya untuk kita-kita ini.

batik indonesia

Batik memang sekarang ini menjadi milik kita. Namun dalam beberapa waktu terakhir, ada saja negara lain yang ingin mengakui keberadaan batik itu. Negara seperti itu tentu tau bagaimana batik itu begitu istimewa. Sampai-sampai mereka tidak merasa malu kala harus mengakui barang yang bukan miliki mereka sendiri. Itu semua terjadi karena hasrat kekaguman yang begitu tinggi. Maka dari itu hasrat untuk memiliki karya itu juga sangat tinggi. Akan sangat mungkin jikalau negeri seperti itu akan berusaha keras untuk mendapatkanya diwaktu-waktu yang akan datang.

batik indonesia

Jikalau kita memiliki barang yang begitu istimewa, maka kita mesti menjaga barang itu dengan baik. Melindungi barang itu dengan istimewa pula. Jikalau barang itu tak dijaga dengan istimewa, maka ada kemungkinan barang itu akan menjadi milik orang lain. Begitu pula dengan batik itu. Sebuah karya istimewa yang kita warisi dari nenek moyang kita. Dan ada bangsa lain yang hampir memilikinya. Kenapa hal itu terjadi alasanya hanya satu, kita kurang baik dalam menjaga dan merawatnya.

Sebuah karya seperti batik tidak cukup hanya senantiasa disimpan didalam lemari kaca, lantas dapat dipandang kapanpun mau. Menjaga batik mestilah dengan cara-cara yang berbeda. Yang mesti kita jaga bukanlah selembar kain batik kuno. Melainkan ilmu batik itulah yang mesti kita jaga. Dan yang namanya ilmu tak cukup dijaga dengan menghafalnya saja. Namun mengembangkan ilmu tersebut juga sangat penting. Dengan ilmu yang kita jaga itu, maka batik akan terus terjaga sepanjang masa. Dan jika telah mampu begitu secara terus menerus, jadilah batik menjadi simbol yang nyata untuk Indonesia.

Source gambar : flickr

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s