Peninggalan Belanda di Puncak Tanggulangsi

Tak mau mengenal sejarah bangsa sendiri bisa diartikan tak mau pula mengenal diri sendiri. Sejarah memang telah berlalu, namun dari hal yang telah berlalu itu pula kita mulai hidup. Mengenal sejarah memiliki arti penting dalam hidup ini. Dengan mengenal sejarah kita akan tahu sejauh mana kita telah melangkah. Sudah lebih baik, lebih buruk atau sama dengan nenek moyang kita. Sejarah merupakan pembanding yang paling pas untuk menilai sebuah kemajuan hidup.

Dua gambar di atas merupakan sisa puing-puing bangunan yang tak saya ketahui bagaimana bentuk aslinya. Konon, dua benda itu merupakan tugu yang dibangun oleh Belanda pada masa penjajahan. Entah sudah berapa lama umur bangunan itu. Untuk apa bangunan itu juga tidak ada yang mengetahuinya. Dan itulah dua benda yang menghiasi Puncak Tanggulangsi yang baru-baru ini kami upayakan untuk menjadi lokasi wisata alam.

Bekas tugu itu memang hanya sisa-sisa puing dari masa lalu. Tak menambah apa pun. Tak terlihat indah maupun menarik dimata. Untuk semua sejarah memang seperti itu. Tak terlihat menarik. Kita tak pernah berfikir apa yang sebenarnya terjadi dimasa itu. Seperti tempat itu juga, tak ada yang tau kenapa mesti ada tugu ditempat seperti itu. Tempat yang seharusnya dimasa itu belum banyak dihuni orang.

Puncak Tanggulangsi berada ditengah-tengah perbukitan menoreh. Dari tempat itu terlihat jelas desa-desa dibawah bukit, seantero kabupaten Magelang. Terlihat juga gunung-gunung yang mengelilingi Magelang. Merapi, Merbabu, Sumbing, Bukit Tidar, dan jika beruntung dihari yang cerah terlihat pula Gunung Lawu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Sindoro Maupun Gunung Slamet. Entah apa itu yang menjadi alasan para menir Belanda mendirikan tugu disitu atau dengan maksud-maksud lain. Sampai saat ini belumlah mendapatkan data-data mengenai hal itu.

Alam memang menyediakan segala-galanya untuk manusia. Hanya kadang manusia tak sadar telah dikaruniai sesuatu yang luar biasa. Kita banyak lupa dan kurang bersyukur. Keindahan yang ada disekitar kita sering tak terlihat karena kepongahan-kepongahan kita. Dan dengan berjalanya proses pembangunan Puncak Tanggulangsi saya pribadi bertujuan untuk mengajak setiap orang mensyukuri segala karunia Tuhan. Dan semoga saja apa yang saya harapkan bisa terwujud.

Iklan

One thought on “Peninggalan Belanda di Puncak Tanggulangsi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s