Pemimpin ideal

Dalam kehidupan bermasyarakat pemimpin memiliki arti yang sangat penting. Dialah yang akan menjadi panutan bagi banyak orang. Dan pemimpin akan menjadi salah satu penentu kemakmuran masyarakat. Dan untuk itu dibutuhkan sosok pemimpin yang ideal. Nah…seperti apakah pemimpin ideal itu? Kurang lebih, beginilah gambaranya:

  • Adil, berbuat adil merupakan salah satu sifat yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Antara orang yang satu dengan yang lainya jelas memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Begitu pula dengan keinginanya. Oleh sebab itu, sosok keadilan mutlak dimiliki oleh seorang pemimpin. Pemimpin juga tidak boleh pilih kasih, yang hanya memikirkan orang-orang yang sependapat denganya. Setiap anggota harus memiliki hak yang sama dengan anggota yang lain. Semua ini agar tidak terjadi pertengkaran/pertikaian antar sesama orang yang dipimpinya.
  • Jujur, sifat ini juga tidak kalah pentingnya. Tentunya tidak ada satu orang pun yang mau dibohongi, terlebih-lebih oleh pemimpinya. Transparansi sangat penting dalam kepemimpinan. Dibohongi itu…sakitnya disini..!!
  • Rajin, sangat menjengkelkan jikalau ada seorang pemimpin yang maunya hanya memerintah. Seorang pemimpin harusnya juga memberi contoh dengan mempraktekan terlebih dahulu. Jikalau tidak memungkinkan berada dilapangan, ia mesti memberi petunjuk dengan baik. Teori yang ia kemukakan seharusnya juga masuk akal untuk dipraktekan. Ketika memberi perintah pun mesti dengan sopan, tidak menyakiti hati anggotanya.
  • Bijaksana, akan sangat sering pemimpin menemui beberapa pendapat yang berbeda dari anggotanya. Dibutuhkan suatu pemikiran yang cerdas untuk menentukan keputusan yang paling tepat. Keputusan seorang pemimpin akan mempengaruhi perjalanan dan nasib dari para anggotanya
  • Luas Hatinya. Artinya, pemimpin itu harus mampu menerima segala sesuatu yang dukeluhkan anggota kepadanya. Tidak sombong ketika mendapat pujian, dan tidak marah ketika mendapat kritikan.
  • Perhatian. Ini juga sangat penting. Ketika seorang pemimpin mampu memperhatikan bawahanya, maka ada rasa bahagia dari para bawahanya. Para bawahan akan merasa jika pemimpinya memang ikut berjuang bersama mereka.
Mungkin masih banyak lagi persyaratan-persyaratan lain yang tidak saya ungkapkan diatas. Namun apa yang telah saya ungkapkan itu, belum tentu tercermin dalam kepemimpinan saat ini. Kebanyakan pemimpin saat ini tidak begitu memiliki sifat-sifat seperti itu. Mereka lebih banyak bekerja untuk dirinya sendiri. Urusan bawahan jelas nomor sekian.

Nah…mudah-mudahan menyadarkan saya pribadi khususnya. Saya pun tetap menjalani takdir sebagai pemimpin, sebab saya laki-laki. Baik dalam memimpin diri sendiri dab keluarga sudah merupakan prestasi. Semoga bermanfaat.

Iklan

One thought on “Pemimpin ideal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s