BJ. Habibie dikabarkan meninggal

Mantan Presiden RI ketiga BJ.Habibie dikabarkan meninggal dunia. Konon kabar itu bermula dari perpesanan, lalu menyebar dan meluas. Namun pada akhirnya @habibiecenter mengklarifikasi bahwa kabar itu tidak benar.

Nah, salah satu dampak perkembangan teknologi informasi saat ini. Semua informasi dapat disampaikan dengan sangat cepat. Dalam hitungan detik saja, sebuah kabar dapat menyebar dari ujung-ujung dunia yang berlawanan. Ribuan mil jaraknya. Berbeda bahasa dsb. Informasi tetap akan sampai. Hanya saja masalah kebenaran informasi itu yang perlu dipertanyakan kembali. Cepat belum tentu tepat.

Banyak kabar-kabar lain yang hampir sama dengan yang menimpa BJ Habibie ini. Semua kabar yang ternyata tidak benar ini menyebar dengan luas, dan tentunya membingungkan masyarakat. Hal seperti ini seharusnya tidak terjadi jikalau kita menyampaikan sebuah informasi dengan mengklarifikasi terlebih dahulu. Kita cek dulu kebenaranya, baru kita sampaikan kepada masyarakat luas.

Ada sebuah pelajaran dari sebutir telor rebus.

Tidak ada yang meragukan kenikmatan sebutir telor rebus. Saya paling menyukai kuning telornya. Nikmat. Namun, telor itu tidak bisa dimakan begitu saja. Ada bagian-bagian yang tidak untuk dimakan. Kulit telor. Walau telor nikmat tetapi tidak untuk kulitnya,sangat tidak disarankan untuk di makan. Nah, hanya ada satu cara untuk menikmati telor supaya benar-benar nikmat. Yaitu kupas dulu kulitnya baru dinikmati. Menyampaikan informasi tidak jauh berbeda dengan menikmati telor, cari kebenaranya baru di sebarkan.

Iklan

One thought on “BJ. Habibie dikabarkan meninggal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s