Sepakbola dalam kemasan

Kita semua tahu, kemasan merupakan sebuah aspek penting dalam produk apapun. Selain sebagai pelindung produk, kemasan dijadikan sebagai daya tarik untuk pembeli. Semakin menarik sebuah kemasan, akan semakin mudah pula pembeli tertarik dengan produk itu.

Walau penting, kemasan tak bisa pula dijadikan sebagai acuan jika produk didalamnya juga menarik. Sering kali produsen hanya menciptakan kemasan yang menarik, sedangkan produk yang ada didalamnya sama sekali tidak menarik. Sebuah tipuan kecil dunia industri. Teknik pemasaran, supaya produknya tetap laku dan mampu bersaing. Dan tak banyak pula konsumen yang tertipu karena kemasan ini.

Melirik pada kondisi itu, sedikit banyak kita akan melihat dan membandingkan pada situasi sepak bola era modern ini. Sepakbola yang acap kali dikatakan sebagai sebuah bagian dari industri. Sepakbola tak hanya menyuguhkan mengumpan dan memasukan bola ke gawang. Aspek-aspek lain yang berkaitan dengan perindustrian didesain dan disematkan kedalam sepakbola. Maka jadilah sepakbola itu sebagai produk yang bernilai ekonomi.

Lihat saja Liga Inggris, sebuah produk dari sepakbola industri. Sepakbola yang tak lagi menyuguhkan permainan atraktif saja. Liga Inggris juga menyuguhkan penghasilan yang sangat fantastis. Liga Inggris menjadi kompetisi terbaik seantero jagad. Kekayaan satu klub Liga Inggris, mungkin saja akan mencukupi kompetisi di negeri ini. Setiap pertandingan disiarkan keseluruh dunia. Maka tak mengherankan jika setiap penggemar sepakbola mengenal pemeran-pemeran Liga Inggris.

Lazimnya, sebuah kompetisi sepakbola yang bagus akan melahirkan tim nasional yang bagus pula. Kompetisi semacam Liga Inggris ini selayaknya akan membuat timnas Inggris yang juga kuat. Namun apa boleh buat, Liga Inggris sudah terlanjur fokus pada industri. Timnas mereka tak bisa dibilang sebanding dengan prestasi dengan kompetisi dalam negeri. Setidaknya sebelum sebelum kompetisi piala dunia kali ini. Timnas Inggris hanya mondar-mandir menjadi penggembira pada kompetisi-kompetisi yang mereka ikuti. Tak ada gelar, bahkan lebih sering mengecewakan.

Piala dunia kali ini, Inggris nampak sedikit berbeda. Tampil tanpa kemasan yang begitu menarik, namun bermain menarik. Tanpa pemain bintang yang acap kali menjadi perbincangan sebelum kompetisi dimulai dan mlempem saat kompetisi. Kali ini setidaknya telah sampai ke semi final. Walau tak mencapai final mungkin tak akan mengecewakan bagi para pendukungnya. Andaikan mereka ke final dan juara, jelas menjadi bukti selain kemasan yang istimewa, produk dalam kemasan juga istimewa.

Iklan

2 respons untuk ‘Sepakbola dalam kemasan’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s