Hidup adalah misteri

Karena masa depan adalah misteri, maka kita tak akan pernah tahu apa yang akan menimpa kita. Sesuatu yang menyenangkan maupun sesuatu yang menyedihkan tiada seorang yang tahu. Apa yang dibayangkan, apa yang diimpikan tak selalu menjadi kenyataan. Bahkan, impian dan bayangan itu hanya seper sekian persen saja yang menjadi kenyataan.

Seperti hidup kita detik ini, mungkin saja tak pernah terbayangkan, bahkan hanya dengan hitungan menit. Satu jam atau sehari kemudian juga misteri. Tak ada yang tahu adegan apa yang hendak kita lakukan.

Saya sendiri tak pernah membayangkan, khususnya untuk peran-peran yang saya lakukan saat ini. Tak pernah termimpikan dan tak pernah terbayangkan di masa-masa yang telah berlalu. Dan pada akhirnya misteri itu terkuak sedetik demi sedetik.

Terjebak dalam kondisi yang rumit semacam ini juga tak pernah terbayangkan. Apalagi harus mengenal perlengkapan bertani yang dulu begitu saya benci itu. Saya tidak pernah memimpikanya, apalagi membayangkanya. Semua itu terjadi sesuai dengan waktu yang berjalan.

Suasana semacam apalagi yang bakal terjadi, aku pun sama sekali tak pernah mengerti. Dan parahnya ketika semua itu terjadi takkan lagi mampu kuulangi. Andai salah kubenarkan, begitu sebaliknya. Yang terjadi tetap saja terjadi. Dan begitulah seterusnya.

Perulangan ini hanya akan berakhir ketika akhirnya aku terbebas dari jagat raya ini. Tergolek tak berdaya dalam liang yang gelap gulita. Itulah kenyataan pasti yang saat ini kuketahui. Hanya saja waktu dan tempat tak pernah kumengerti. Mati adalah kepastian, sedangkan hidup adalah misteri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s